Kadisdik: Lulusan SMK Berpeluang Tekan Pengangguran dan Kemiskinan

KEPALA Dinas Pendidikan Kaltim, Musyahrim memberikan apresasi terhadap prestasi pelajar SMK Kaltim yang meraih juara di Lomba Keterampilan Siswa SMK (LKS-SMK) XXI, September lalu.
Tiga prestasi diraih yaitu Juara 2 Bidang Auto Mobile Technology yang diraih Deno Regian, SMK Bhakti Loa Janan, Juara Harapan 2 Bidang Sekretaris yang diraih R Roro Mira Budiasih, SMKN 1 Samarinda dan Juara Harapan 2 Bidang CADD (teknik alat berat) oleh Yarabisa Yanuar dari SMK Muhammadiyah 1 Sangatta.
“Ini suatu kebanggaan untuk kita. Apalagi, Pemprov kaltim telah mencanangkan bahwa rasio pelajar SMK pada 2013 yaitu 60:40,” ungkap Musyahrim saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.
Menurutnya pelajar SMK tidak hanya dituntut mampu menghasilkan prestasi, namun juga mampu bersaing dan membuka peluang usaha.
“Lulusan SMK diciptakan untuk mampu mandiri untuk membuka peluang usaha. Sehingga mampu menekan angka kemiskinan dan pengangguran,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Disdik Kaltim, Basmen Nainggolan yang mendampingi kontingen Kaltim mengatakan bahwa
Kaltim mengirimkan 39 pelajar SMK terbaik ke LKS nasional.
Peserta diseleksi dengan ketat untuk mewakili 39 bidang dalam LKS nasional yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, 23-28 September lalu.
Basmen mengatakan dari 39 pelajar yang mewakili Kaltim, 30 pelajar di seleksi mulai tingkat sekolah, LKS kabupaten/kota dan LKS provinsi. Sementara 9 pelajar lainnya merupakan program mandiri yang dikirim sekolah.
“Sekolah punya keinginan mengirimkan pelajarnya untuk bersaing di tingkat nasional dengan biaya mandiri. Saya rasa ini sangat positif,” tambah Basmen. (ici)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages